Selasa, 30 Januari 2018

Budidaya Ternak Hias (8) : Axolotl


memelihara tiga axolotl

Axolotl adalah hewan amfibi setipe dengan salamender, hewan dengan kaki ini benar benar unik. Asal binatang ini adalah Meksiko. Saat ini keberadaan Axolotl sangat dilindungi karena keberadaannya sudah langka. Kadal jenis satu ini bisa mencapai umur 15 tahun dengan panjang mencapai 60 sentimeter. Seringkali masyarakat mengira axolotl sebagai ikan karena mempunyai tubuh seperti ikan. Keunikan lain terletak pada insang yang berada di luar tubuh, insang ini tepatnya berada di samping kepala, dilihat sepintas menyerupai tanduk. Ikan berkaki yang mempunyai tanduk. Aneh bukan? Untuk kamu yang berniat memelihara Axolotl terbilang mudah. Meski tergolong hewan amfibi binatang peliharaan ini lebih banyak menghabiskan waktu hidupnya berada dalam air. Makanan utamanya adalah cacing dan udang beku, jangan menggunakan pakan hidup agar terhindar dari penyakit. Inilah cara memelihara Axolotl :

1. Gunakan akuarium atau sebagai kandang Axolotl. Kamu dapat juga menggunakan tangki plastik maupun akrilik jika tidak menginginkan tempat berbahan kaca. Jangan lupa dicuci dulu yaa sebelum digunakan. Ram kawat dapat menjadi penutup yang baik, karena selain dapat melindungi agar tidak memanjat keluar kandang juga akan memberikan sirkulasi udara yang sangat baik.
2. Meski termasuk hewan amphibi, axolotl termasuk hewan yang banyak menghabiskan waktu di dalam air. Suhu air yang ideal untuk lingkungan hidup Axolotl berkisar antara 15 hingga 21 derajat celcius. Axolotl adalah hewan air dingin, bukan hangat atau hewan air tropis. Ketidakstabilan suhu air akan berpengaruh pada kesehatan Axolotl. Sebaiknya, akuarium memiliki pengatur suhu.
     https://mentalfloss.com/article/63130/11-awesome-axolotl-facts    
3. Air yang digunakan harus bebas kaporit dan memiliki kadar zat besi yang rendah. Air tanah murni bisa digunakan sebagai media memelihara axolotl. Sebaiknya, endapkan dulu air yang akan digunakan sebagai media memelihara axolotl selama 12 hingga 24 jam sebelum digunakan.
4. Sediakan tempat berlindung karena Axolotl adalah hewan pemalu yang lebih suka menyembunyikan diri. Sediakan tempat bersembunyi yang terbuat dari batu, tembikar, atau potongan kayu.
     https://www.caudata.org/forum/f1173-advanced-newt-salamander-topics/f6-vivaria-enclosures-product-reviews/f8-photos-pictures-enclosures-vivaria-etc/73718-my-setup-axolotl-goldfish-treefrog.html    
5. Alat pernafasan axolotl adalah insang. Meski tergolong bangsa ampibi, Axolotl bernafas dengan insang dan mereka sangat jarang menyembul ke permukaan air. Dengan kata lain, Axolotl hidup dan mencari makan dibawah permukaan air.
6. Makanan Axolotl adalah cacing dan udang beku. Sebaiknya jangan berikan pakan hidup kepada Axolotl untuk menghindari parasit dan penyakit dari ikan hidup tersebut. Axolotl diberi makan dua kali sehari.  
     https://seraph-sun.com/tag/axolotl/
7. Jangan campurkan Axolotl dengan ikan, karena ikan akan menyangka insang Axolotl adalah cacing dan kemudian mencoba memakannya. Axolotl juga akan menganggap ikan sebagai makanan lezat dan memakannya.
8. Terlepas dari wajahnya yang menggemaskan jangan memegang Axolotl. Karena minyak yang dikeluarkan dari tangan manusia dapat membuat ia sakit, begitu pula sebaliknya. 
     https://bitis.deviantart.com/art/Axolotl-39588640 8, fr\@��

Sumber:
https://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.co.id/2015/02/cara-memelihara-axolotl.html
https://axolotlcenter.wordpress.com/tanya-jawab-tentang-axolotol/
https://id.wikihow.com/Merawat-Salamander
https://qubicle.id/story/intip-cara-pelihara-axolotl
https://jempolkaki.com/hewan-peliharaan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar