Selasa, 30 Januari 2018

Budidaya Ternak Hias (7) : Kalajengking

1. Sediakan akuarium atau kontainer plastik ukuran sedang yang ada tutupnya. Letakkan ditempat yang aman dari jangkauan anak-anak. Jangan meletakan ditempat yang terkena cahaya matahari langsung maupun sinar lampu yang terang. karena kalajengking adalah hewan nocturnal.
2. Alasnya yang dianjurkan adalah cocopeat (serbuk sabut kelapa) karena sangat baik dalam menjaga kelembaban. Namun bisa juga menggunakan serbuk kayu. Sediakan juga tempat sembunyi karena Kalajengking suka bersembunyi seperti di habitat aslinya. Tempat bersembunyi ini bisa dibuat dari kayu kayuan, dan juga daun-daunan kering. 
     https://www.youtube.com/watch?v=FWMCHpDvzXg 
3. Sediakan juga tempat air atau water dish untuk ia berendam dan minum. Ingat jangan terlalu dalam ya, nanti dia tenggelam. Kamu bisa meletakkan batu di dalam wadah minum Kalajengking. Gantilah air dua hari sekali untuk memastikan Kalajengking Kamu mendapatkan air yang bersih, agar dia senantiasa sehat.
4. Makanan kalajengking adalah serangga yang lebih kecil dari tubuhnya, seperti jangkrik, belatung, belalang, ngengat. Untuk Kalajengking dewasa bisa memakan pinkies atau anak tikus yang masih berwarna pink, cicak, dan juga ulat Hongkong dan Jerman. Beri ia makan saat sore hari karena Kalajengking adalah mahluk nocturnal, hewan aktif dimalam hari. 
     https://rumah-belajar-id.blogspot.co.id/2012/06/beternak-kalajengking.html
5. Cara memegang kalajengking dengan mengangkat secara perlahan lahan dari belakang dibawah sengatnya dan langsung letakan di tangan, Kalajengking tidak akan menyengat dan mencapit kalau sudah ditangan, karena dia menganggap tangan adalah pijakan atau tanah. Dan jangan menyentuh punggungnya ya
Siap pelihara Kalajengking?

Sumber:
https://www.nahap.com/2013/01/kalajengking-sebagai-hewan-peliharaan.html
https://infohewan.com/235/apa-makanan-kalajengking/serangga
https://qubicle.id/story/begini-cara-pelihara-kalajengking

Tidak ada komentar:

Posting Komentar