Kamis, 04 Januari 2018

Budidaya Ternak Hias (3) : Sugar Glider

Apa itu sugar glider?

Hasil gambar untuk sugar glider

Sugar glider mempunyai nama latin Petaurus Breviceps, kebanyakan orang beranggapan binatang ini sebangsa tikus, kelelawar, bajing (tupai terbang) atau binatang pengerat lainnya, karena sugar glider berukuran kecil dan mempunyai kantong yang menyerupai bajing.Anggapan tersebut sepenuhnya salah karena binatang sugar glider adalah marsupial dari keluarga mamalia.
Marsupial adalah mamalia yang betinanya mempunyai kantung perut, orang biasa menyebutnya binatang berkantung. Contoh mudahnya kangguru, jadi sugar glider termasuk binatang sebangsa kanguru.
Sugar glider sangat imut dan menggemaskan, lucu dan juga pintar, tak heran membuat orang menjadikannya binatang peliharaan layaknya kucing/hamster.
Dinamakan sugar glider karena binatang ini menyukai makanan manis dan memberan yang membuat mereka bisa meluncur (glide), jadilah dinamakan sugar glider.
Binatang ini mempunyai bulu abu-abu dan bewarna krem didadanya, degan garis hitam disepanjang tulang belakangnya. Ekor sugar glider digunakan untuk penyeimbang ketika meluncur.

Bagaimana cara memelihara sugar glider?

sugar glider makan strawberry
sugar glider makan buah strawberry via sunseed.com
Sugar glider termasuk binatang yang mempunyai perawatan mudah. Kamu harus rutin mengecek kandang dan mengajaknya bermain. Ini untuk melatih sugar glider lebih mengenal pemiliknya.
Binatang ini juga perlu waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan ketika pertama kai dipelihara. Pelajarilah karekteristik dari sugar glider sebelum memeliharanya, karena tidak sedikit yang mencoba memeliharanya tapi mati karena tidak bisa merawat.
Kandang untuk sugar glider tidak jauh beda dengan kandang hamster, semakin besar semakin baik tentunya. Letakkan kandang ditempat yang terlindungi dari sinar matahari langsung, perhatikan juga sirkulasi udara.
Dalam kandang isi dengan ranting kayu dan wheel (roda) untuk mainan, sugar glider termasuk binatang yang sangat aktif, gunakan mainan dengan bahan dari kayu. Jangan lupa tambakan tempat tidur didalam kandang (cage pouch), jangan lupa juga untuk dicuci teratur.
Sugar glider termasuk binatang pemakan serangga, insektivora. Dan merupakan hewan noktunal, hewan yang cenderung aktif dimalam hari. Makanan manis merupakan makanan favorit sugar glider.
Bisa diberi bubur bayi atau buah. Binatang ini termasuk kategori binatang bersih, jadi tidak perlu perawatan layaknya kucing harus ke salon untuk membersihkannya. Cukup dengan mengusap badannya dengan tisu basah (non alkohol) ke badannya.

Dimana habitat asli sugar glider

sugar glider terlihat diantara pepohonan
sugar glider di hutan via pecintahewan.com
Sugar glider mempunyai habitat di daerah Indonesia Timur, Papua, Halmahera dan Maluku, dan juga di Australia. Tapi hewan ini sudah menyebar sampai ke Amerika dan Eropa sebagai hewan peliharaan karena dianggap sangat eksotik.
Di alam liar hewan ini biasa ditemukan di pohon eukaliptus dan akasia, dari kedua pohon itu sugar glider liar memakan getahnya. Dan termasuk sulit untuk ditemukan di alam liar, berkisar 1 koloni per 1000 meter di atas pohon. Musuh sugar glider diantaranya burung hantu, iguana, musang dan quoll.

Kapan mulai untuk memelihara sugar glider?

sugar glider kecil lucu
sugar glider kecil lucu via hello-pet.com
Sebaiknya memelihara sugar glider dimulai semejak kecil, berkisar 1.5 – 2 bulan. Dengan begini akan membuatnya lebih jinak ketika dewasa, sedari kecil sudah mengenal aroma badan pemeliharanya.
Ketika membeli sugar glider belilah joey (sugar glider kecil), masih jinak kalaupun mengigit tidaklah terlalu sakit. Hindari langsung memelihara sugar glider dewasa, gigitannya sakit.

Siapa saja yang bisa memelihara sugar glider?

mengenal sugar glider
anak mengenal sugar glider via sugarglider-indo.blogspot.com
Hewan peliharaan ini cocok untuk dipelihara semua umur, dari mulai anak 7 tahun sampai orang dewasa. Umur dari sugar glider juga tergolong lama 10-15 tahun, untuk anak-anak tetap perlu diawasi orang dewasa.
Seringkali sugar glider mengigit ketika dia belum akrab dengan tuannya. Untuk menghindari sakitnya gigitan pilihlah sugar glider joey (anakan)

Mengapa harus sugar glider?

mengenal sugar glider
mengenal sugar glider lebih dalam via sugarglider-indo.blogspot.com
Bagi kamu yang terbiasa memelihara binatang peliharaan semisal kucing, hamster dll cobalah untuk memelihara sugar glider, dan rasakan perbedaannya.
Sugar glider termasuk hewan yang mempunyai tingkatan lebih dari jinak, atau biasa disebut bonding, mempunyai ikatan dengan sang pemilik. Sugar glider ini menghafal bau tubuh pemiliknya. Dia akan mengikutimu kemanapun kamu pergi, menempel dibadan.Makanan yang diperlukan tidaklah mahal. Sugar glider ini mempunyai daya ingat tinggi. Sebaiknya memelihara dari mulai kecil umur 2 bulan.
Dengan begitu lebih mudah untuk menjinakkannya. Karena akan mengenali kita sedari kecil. Kamu bisa mengajaknya kemana-mana dengan memasukkan ke dalam saku baju atau tas khusus.

Cara Terbaik Ternak Sugar Glider


Ternak sugar glider – Kamu pehobi binatang imut ini? Pernah berniat untuk menternakkan / Breeding sugar glider?. Pasalnya makin kesini makin bertambah peminatnya.
Dengan harga jual yang lumayan tinggi, akan memberikan untung yang cukup besar bagi peternaknya.
Selain perawatan yang simpel, budidaya SG tidak memerlukan tempat yang luas. Ditambah banyaknya ulasan dari televisi swasta tetang SG ini makin membaut makin tenar.
Hal yang perlu kamu ketahui sebelum beternak SG adalah bukan melulu tentang keuntungan, karena dipercaya harga SG akan terus turun seiring dengan makin populernya di masyarakat. Berbeda ketika alasan ternak sugar glider karena memang sudah hobi.
Berikut hal-hal yang perlu kamu perhatikan jika berniat ternak hewan peliharaan satu ini.

Persiapkan Mental untuk ternak SG

handfeeding sugar glider keju
handfeeding sugar glider joey dengan madu via youtube.com
Ternak sugar glider tidak semudah kelihatannya, yang terpenting kesiapan diri, karena membutuhkan waktu tenaga dan pikiran yang tidak sedikit. Pengetahuan dasar dalam memelihara SG juga harus kamu miliki.
Soal makanan sugar glider harus diperhatikan karena SG sangat sensitif terhadap bahan kimia yang terdapat pada makanan.

Peralatan dan persiapan awal

kandang untuk ternak sugar glider
kandang sugar glider via kaskus.co.id
Jika berniat ternak SG tentunya kamu harus memiliki kandang yang representatif, agar SG bisa tinggal dengan nyaman, didalam kandang juga persiapakan tempat makan, tempat minum, pounch (tempat tidur).
Kamu juga harus mempersiapkan persediaan makanan yang cukup. Terakhir yang paling penting adalah WAKTU, jika kamu tidak mempunyai waktu luang sebaiknya urungkan niatmu. SG membutuhkan perhatian ekstra apalagi jika jumlahnya sudah banyak.

Sugar glider asal papua banyak dicari

cara ternak sugar glider papua
Seorang perempuan memotret dua ekor Sugar Glider milik anggota Komunitas Pecinta Sugar Glider Surabaya, saat car free day Suarabaya via beritadaerah.co.id
Sampai saat ini SG peliharaan yang ada diseluruh dunia 90% berasal dari Papua. Karena sugar glider dari Australia tidak diperbolehkan dibawa ke laur negeri dan dilindungi negaranya.
Hal itu membuat sugar glider dari Papua banyak diburu pehobi. Kamu bisa memulai bisnis ini dengan indukan dari sugar glider papua yang merupakan hasil ternak juga, karena lebih jinak tentunya.

Dimulai dengan 2 pasang sugar glider indukan

ternak indukan sugar glider
ternak sepasang indukan sugar glider via hewanindonesia.com
Kamu bisa membeli 2 pasang sugar glider dengan modal berkisar 290rb – 350ribu/ekor untuk memulai usaha ini. Tentunya pejantan dan betina. Pilihlah indukan dengan mata jernih, bulu bagus, tidak sayu, dan tidak cacat, tidak ada bekas luka, harus lincah, memiliki nafsu makan baik, hidung berwarna pink jangan yang pucat.
Usahakan umur indukan diatas 7 bulan, biasanya diatas umur itu sudah siap produksi dan matang organ produksinya.
Untuk mengawinkan cukup masukkan kedalam kandang yang nyaman. Untuk indukan jangan terlalu sering diganggu biarkan mereka asik sendiri.

Jangan mengawinkan anakan dewasa dengan indukan

sugar glider joey makan bareng
sugar glider joey makan berjamaah via jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com
Anakan sugar glider dewasa jangan dikawinkan dengan indukannya karena hal tersebut bisa menyebabkan sugar glider cacat atau bahkan lebih parah, kematian.

Jaga kebersihan kandang

kamar makan sugar glider
tempat makan sugar glider via ohjiwa.blogspot.com
Kebersihan kandang sugar glider harus benar-benar bersih. Karenanya harus rajin dibersihkan. Jangan terlalu sering memberinya buah di kandang, sebab biasanya sisa buah akan mengundang gerombolan lalat, dan akhirnya melahirkan penyakit.
Disamping buah kamu bisa memberinya pakan jenis lain semisal bubur bayi, protein booster, susu khusus SG, bee polen, tepung jangkrik dan kalsium.

Berikan perhatian lebih

sugar glider bermanja ria
sugar glider bermanja ria via m.tempo.co
Sugar glider joey ketika baru lahir hanya berukuran satu butir beras dengan berat tidak lebih dari 0.2 gram.
Dengan kaki dan tangan masih menempel, bayi sugar glider yang baru lahir akan merakak menuju indukan betina dan hidup di kantong selama dua bulan. Saat itu jangan pisahkan antara anakan sugar glider dengan indukannya.

Lakukan Promosi untuk Penjualan

sugar glider tertidur
sugar glider tertidur pulas via azulzula.blogspot.com
Dalam hal jual beli hal yang terpenting adalah promosi, kamu bisa mempromosikan hasil ternak sugar glider lewat dunia maya, mulai dari jejaring sosial (fb, twitter, instagram, bbm dll), blog, marketplace (bukalapak, tokopedia), OLX hingga web pribadi.
Selain melalui dumay kamu juga bisa bergabung dengan komunitas pecinta sugar glider sebagai sarana promosi. Bila sudah dikenal banyak orang kamu bisa merekrut reseller.

Pengiriman sugar glider

wadah tempat pengiriman DG
packing pengiriman sugar glider via sugarglider.com
Ini merupakan hal krusial, jangan sampai salah kemas karena bisa jadi sugar glider ketika sampai tujuan dalam keadaan tak bernyawa. Untuk pengemasan sugar glider yang akan dikirim ke luar pulau jawa bisa menggunakan kandang hamster yang didalamnya diberi tisu, makanan dan minuman, usahakan diberi makanan yang mengandung bayak air.
Untuk pengiriman yang masih dalam satu pulau cukup dimasukkan kedalam kandang jangkrik, yang juga diberi alas tisu, makanan serta minuman. Tentunya kandang harus ditutup agar tidak stres melihat orang lalu lalang, tutup bisa menggunakan koran bekas.

Tips ternak sugar glider

kandang ternak sugar glider
kandang sg via www.sugarglider.com
Ketika memelihara sugar glider indukan kamu juga bisa memasukkan 2 betina dengan satu pejantan dalam satu kandang. Ketika SG indukan sudah membawa joey dalam kantungnya, berikan porsi makan sedikit lebih banyak daripada hari biasa.
Tempatkan kandang SG ditempat nyaman, karena kemungkinan terburuk ketika stres adalah joey yang ditelantarkan oleh indukan.
Joey akan keluar dari kantong setelah kurang lebih 2 bulan in pouch. Saat itu umur sugar glider joey dihitung 0 hari.
Ketika itu mulai lebih repot lagi karena kita harus lebih memperhatikan SG joey dan membiasakan dengan sentuhan tangan manusia agar jinak. Usia joey ideal kita bisa berinteraksi dengan nya adalah 2-3 minggu setelah keluar dari kantung.
ternak sugar gider
sugar gider via ingonan.com
Untuk sugar glider joey saat masih kecil umur dibawah 1 bulanan kita tidak perlu terlalu repot memikirkan makanannya. Karena dia masih sangat tergntung dengan ASI induknya. Kita fokus ke asupan gizi indukanya saja.
Saat sudah lewat 1 bulan joey bisa dikenalkan dengan bubur bayi, caranya bisa disuapi handfeed dengan menu bubur yang tidak terlalu kental.
Untuk umur ideal joey dipisah dengan induknya adalah 1,5-3 bulan setelah minimal 3 minggu sg joey bisa makan sendiri. ketika sudah bisa makan sendiri sugar glider joey siap dijual.
Untuk kamu yang serius dalam bidang ini lebih baik langsung ternak puluhan ekor kalau perlu ratusan ekor agar setiap saat bisa panen, ini untuk yang ingin mencari keuntungan besar dan cepat dengan ternak sugar glider.
Sumber : 
https://jempolkaki.com/sugar-glider/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar